Membuat Formulir Pembelian untuk Online Shop

Membuat Formulir Pembelian barang  untuk pengunjung / pembeli di Online Shop - bagi anda seorang wirausahawan, yang dirumahnya sudah mempunyai barang dan banyak pembeli, tidak salahnya berbisnis juga menggunakan online shop, anda hanya perlu membuat website/blog sendiri, dengan isian artikel mengenai barang yang akan diperjual belikan, terutama kepada konsumen langganan anda.

Setelah anda membuat blog/website online shop, anda harus juga membuat ssuatu formulir, yang dimana formulir tersesbut akan di isi oleh pembeli dan nantinya akan terkirim sendiri ke Email, pemilik online shop tersebut, terus bagai mana cara membuat formulir tersebut, apakah berbayar, atau gratis.

Jawaban cukup,  pembuatan formulir itu baik untuk keperluan online shop maupun lainnya, ada yang berbayar, artinya kita harus memesan kepada orang untuk membuatkannya, ataupun pembuatan formulir secara gratis, emang ada formulir pengisian pesanan yang gratis? , ada, kalian tinggal membuatnya sendiri, sesuka kalian, dan sekreatif kalian, anda hanya tinggal Login ke Gooogle Docs, dan tinggal membuatnya.

Admin disini akan menyampaokan atau memberitahukan cara membuat formulir pembelian online shop untuk pengunjung atau pembeli.

berikut simak dengan baik tapakan, beserta uraian yang admin sampaikan.

Artikel Terkait :

Cara Mengatasi Postingan Blog Hanya Muncul Google+ Share di Seach Google

Iklan PopCash Memperbanyak Penghasilan Blog anda

Alternatif Selain Google Adsense


Cara membuat Formulir menggunakan Google Docs.

Demo bisa kalian Lihat DISINI.


  1. Pertma kalian harus masuk terlebih dahulu ke Google Docs, anda bisa SignIn menggunakan akun Gmail anda.
  2. Setelah anda berada di Google Docs. anda akan di bawa ke halaman Google Drive, lalu Klik tombol BUAT > Lainnya  > kemudian Pilih Formulir.





  1. Formlir tanpa judul, anda bisa isi sesuai deskripsi anda
  2. Pertanyaan yang akan di lontarkan oleh anda
  3. Jawaban bisa anda pilih, baik jawaban singkat, paragraf, polihan ganda kotak centang, tarik turun, skla linier, kisi pilihan ganda, tanggal, dan waktu, anda bisa memilih manapun yang anda inginkan.
  4. Duplikan, halnya seperti Copypaste, maka akan menduplikat "nomor 2 "
  5. untuk memunculkan deskripsi dan validasi data, validasi data berupa : angka yang akan ditulis maksimal atau minimal, dan ada Teks kesalahan khusus, berfungsi untuk, bila pengunjung mengisi jawaban salah, maka akan ada penringatan, peringatan tersebut berupa Text yang bisa anda buat.
  6. Tambahkan bagian, berfungsi untuk bila pertanyaan anda banyak, makaanda bisa memisah dan meneruskannya kehalaman selanjutnya.
  7. Tambahkan vidio.
  8. Tambahkan gambar
  9. Tambahkan Judul dan Deskrikpi
  10. Tambahkan pertanyaan, artinya membuat pertanyaan baru lagi (NEW)
  11. Palet warna, mengganti warna Background sesuai kesukaan anda, Image di atas menggunakn palet warna Ungu.
  12. Pratinjau, ini sangat berfungsi ketika anda ingin melihat contoh hasilnya yang anda buat.
  13. Setelah anda selesai membuat formulir anda bisa mengirimkan lewat Email.
Setelah anda selesai membuat Formulir tersebut, anda tinggal salin code google Docs formulir tersebut dengan cara klik KIRIM > klik tanda TAUTAN > lalu anda bisa mengcopy tautan tersbut. anda juga bisa mengirim formulir hasil anda tadi di Sosmed diantaranya Google+, Facebook, Twitter.



Maka sudah jadi untuk pembuatan Formulir pemesanan Online Shop anda, sekarang anda hanya tinggal membuat  jika ada pelanggan online shop anda yang order mengisi formulir tersebut, dan megirimkannya, anda bisa langsung menerima formulir tersebut melalui email notifikasi dengan cepat.
Berikut Langkah-langkahnya.


Mengaktifkan Email Notifikasi

  1. Maish didalam Google Docs,  tepatnya di Drive Google, anda klik BARU > Spreadsheet > maka akan ada tampilan, > klik Alat > aturan pemberitahuan.
  2. Setelah itu maka akan terbuka jedela aturan pemberitahuan, Kalian ubah Setel aturan notifikasi , lalu anda isi sesuai gambar dibawah ini, lalu klik Selesai dan Selesai
Dan akhirnya Mengaktifkan Email Notifikasi selesai, sehingga, pengunjung yang order online shop anda akan terkirim ke alam email anda.




Share this

0 Comment to "Membuat Formulir Pembelian untuk Online Shop"

Posting Komentar

,