Cara Pencegahannya Ransomeware dan WannaCry


Apa itu Virus Ransomeware dan WannaCry dan bagaimana cara mengatasinya - Selamat datang kembali diblog fathonan, pada update kali ini admin akan membagikan mengenai informasi tersebarnya virus ransomeware dan wannacCry, yang pastinya membuat pengguna internet dan pengguna PC komputer menjadi resah dan gelisah.

WannCry, juga dikenal sebagai WanaCryptt0r 2.0, merupakan sebuah perangkat tebusan pada bulan mei 2017, serangan maya skala besar menggunakan ini di luncurkan, menginfeksi lebih dari 75.000 komputer dari 99 negara dari belahan dunia. Menuntuk pembayaran dalam 20 bahasa.

Dengan tersebarnya Resonware MannaCry pastinya membuat kita semua sangat khawatir, dengan secara diam-diam masuk kekompiter anda tanpa diketahui. dengan mengenkripsi data anda di dalamnya sehingga komputer menjadi di kunci dan tidak bisa dibuka/dipakai.

Dinegara inggris, setidaknya sudah ada 16 Rumah sait yang terkena Ransomware Wanncry, malah Ransomeware sudah meyebar kurang lebihnya ke 99 negara di belahan bumi ini dan menginfeksi puluhan ribu sistem komputer

Resonware tidak memerlikan campurtangan untuk menginfeksi komputer, melainkan hanya perlu untuk menyebarkannya hanyalah koneksi internet. Sedangkan WannCry memanfaatkan tool senjata cybermilik dinas intel amerika serika, NSA, yang pada april lalu dicuri dan dibocorkan oleh kelompok hacker bernama shadow broker. Tools bernama Enetenal Blue ini memanfaatkan celah keamanan di sistem operasi windows lewat eksekusi remote code SMBv1.

Akibat Terkena Ransomeware WannaCry


  •  Komputer akan terkunci dan tidak bisa dibuka.
  • Data di dalamnya dienkripsi, sehingga anda tidak bisa mengaksesnya, sampai korban membayar tebusan.
  • Malware hanya akan menampilkan pesan dilayar komputer yang isinya meminta tebusan kurang lebih 4 juta dalam bentuk mata uang virtual BTC (Bitcoin).

Langkah Mencegah/menangkal Terjadinya Ransomeware WannaCry

Ketua Indonesia Securite Incident Response Team On Internet Infrastructure (Id-SIRTII) M.Salahuddin mengungkapkan potensi penyebaran Ransomeware WannCry masih terbuka di negara indonesia dikarenakan kejadian awalnya berlangsung diakhir pekan, saat sebagain kantor sedang libur dan mematikan komputer. Pada saat komputer kembali dinyalakan nanti, maka WannCry bisa menyusup/menyelinap masuk kekomputer dan mematikan komputer korban.
Bagaimana supaya kompiter/PC anda agar tidak menjadi korban, berikut antisivikasi yang dpat anda lakukan sebelum Ransomeware WannCry mendatangi anda.

7 Car Menangkal Ransomeware WannCry:

1. Cabut LAN, cabut sambungan LAN dan Matikan Wifi komputer untuk mencegah infeksi 

2. Update Security Windows, pasang patch MS17-010 yang dapat diperoleh DISINI Pengguna Windows XP disarankan mengganti sistem operasi ke versi yang lebih baru karena OS yang sunah lawas atau lama sudah tidak mendapat dukungan dari Microsoft.

3. Matikan MACROS, jangan mengaktifkan fungsi Macros.
4. Nonaktifkan fungsi SMB V1
5. Blog Port 139/445 dan 3389
6. Update Antivirus, perbarui antivirus dan anti ransome
7. BackUp File, selalu back-up file terutama file yang penting di komputer dan simpan di tempat yang lain, jika memungkankan di storage yang tidak terhubung ke jaringan atau internet.

Jika Terlanjur Terinfeksi Ransomeware WannaCry

Apa yang harus dilakukan jika sudah terkena dan terinfeksi Virus Ransomeware WannaCry? Hingga saat ini belum ada solusi yang cepat untuk menangani dan mengembalikan data yang telah disandra. Sebaiknya pitiskan sambungan ke internet dan jaringan, supaya infeksi tidak menyebar ke komputer lain.





Share this

0 Comment to "Cara Pencegahannya Ransomeware dan WannaCry"

Posting Komentar

,