Advance Boot Options pada sistem operasi Windows 7 dan Windows xp

Tutorial Advance Boot Options pada sistem operasi Windows 7 dan Windows xp - Pada kesempatan yang baik ini saya akan membagikan bagaimana cara menggunakan Advance Boot Options baik iyu untuk windows 7 ataupun windows xp, selain itu saya jugan menerangkan fungsi yang adal dalam Advance Boot Options, berikut penjelasannya.
Advance Boot Options merupakan pilihan windows 7, yang berfungsi untuk melakukan troubleshooting ketika terdapat kerusakan atau kesalahan konfigurasi pada sistem komputer kalian, cara untuk masuk dalam Advance Boot Options kkalian bisa menekan Tombol F8 pada saat windows melakukan starup

Berikut tampilan Advance Boot Options pada sistem operasi Windows xp dan windows 7 :

Artikel Lainnya :

Cara Aktifasi Permanen Windows 10

Cara Menghapus seluruh Virus pada komputer

Dibawah ini tampilan dari Advance Boot Options pada windows xp


Dan dibawah ini tampilan Advance Boot Options pada sistem operasi Windows 7


Berikut Beberapa Pilihan Advance Boot Options  :

  • Safe Mode
Funsi Safe Mode ini windows hanya me-load driver dan device utama yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer. Device yang di-inisialisasi termasuk storage device, standar Video Graphics Adapter (VGA), mouse, keyboard dan beberapa driver serta service – service dasar yang diperlukan saja.

Namun kita dapat menggunakan Windows Safe Mode ini seperti untuk menghapus virus pada komputer, uninstall driver yang menyebabkan komputer bluescreen atau me-restore sistem komputer kalian.

  •  Safe Mode With Networking
FUngsi dari Safe Mode With Networking hampir sama dengan Windows Safe Mode dengan penambahan driver dan service untuk konektivitas jaringan

  • Safe Mode With Command Prompt
Fungsi dari  Safe Mode With Command Prompt hampir sama seperti Safe Mode, akan tetapi dimulai dengan Command Prompt (cmd.exe) sebagai ganti Windows Explorer GUI. Umumnya digunakan ketika mode safe mode tidak berfungsi.

  • Enable Boot Logging
Fungsi dari Enable Boot Logging Menjalankan komputer secara normal disertai dengan mencatat driver yang di-load dan informasi inisialisasi ke sebuah file text untuk keperluan analisa.

  •  Enable VGA Mode
Fungsi Enable VGA Mode dari  Booting dengan menggunakan driver video dengan resolusi diset ke 640 x 480. Gunakan menu enable VGA Mode ini ketika monitor tidak men-support resolusi yang terdapat pada display adapter, yang  ditandai dengan munculnya pesan "frequency out of range" pada monitor.

  • Last Known Good Configuration
Fungsi Last Known Good Configuration Komputer dijalankan dengan menggunakan konfigurasi / settingan yang sama dengan konfigurasi terakhir pada saat user berhasil logon. Fitur ini menggantikan konten dari CurrentControlSet registry key dengan sebuah backup copy yang terakhir kali digunakan untuk memulai OS dengan baik.

Catatan :

Gunakan  pilihan Last Known Good Configuration ini misalnya pada saat komputer tidak bisa melakukan booting. Apabila komputer tetap tidak bisa boting berarti backupcopynya juga telah korup.

Share this

0 Comment to "Advance Boot Options pada sistem operasi Windows 7 dan Windows xp"

Posting Komentar

,