Cara Menghapus Seluruh Virus Pada Komputer


Cara Menghapus Seluruh Virus pada Komputer - Virus komputer merupakan salah satu dari beberapa jenis malware yang dapat merusak baik itu kinerja komputer maupun berbagai data pada komputer kita.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Artikel Terkait dengan Mudah

Virus juga ada berbagai macam, bisa dibilang dari yang biasa sampai yang ganas, berikut beberapa virus komputer yang saya tau, sebagai berikut :

  • Virus Rootkit, berhati-harilah pada virus yang satu ini karena virus yang satu ini sangat berbahaya bagi komputer anda karena bersifat merusak komputer secara perlahan-lahan, virus ini termasuk kedalam sistem komputer dengan sangat bersih dan hampir kira-kira 99% Virus Rootkit ini tidak dapat di deteksi oleh program antivirus apapun, virus ini secara perlahan-lahan menghancurkan sistem komputer anda dan menghapus data komputer anda tanpa ada peringatan sehingga sipemilik komputer tidak mengetahuinya.
  • Virus Backdoor, meski Virus ini mempunyai nama yang unik, "Backdoor" jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi "Pintu Belakang" namun virus ini bekerja hampir sama dengan Trojan (yang akan saya terangkan nanti), akan tetapi virus ini tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan trojan.
  • Virus Spyware, fungsi virus ini untuk memantau pergerakan si pengguna komputer (korban) yang disadap oleh si pemasang virus (pelaku)
  • Virus Polymorphic, Virus ini  merupakan virus yang unik karena tidak dapat di deteksi oleh antivirus juga, virus ini tidak dapat dideteksi dikarenakan sifat virus ini selalu berubah-ubah dan membuat tidak terdeteksi.
  • Virus Worm, Virus ‘"Worm " jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia menjadi "Cacing " tetapi dari nama yang unik dan lucu ini tersebut menyimapan virus yang cukup berbahaya, virus ini bekerja menggandakan dirinya kedalam sebuah hardisk yang terdapat di komputer dan membuat hardisk tersebut menjadi penuh sehingga overload dengan virus, dan hardisk tersebut akan menjadi rusak parah.
  • Virus Trojan, virus ini merupakan salah satu virus pada komputer yang cukup mengerikan, why bisa disebut mengerikan ?? karena virus ini bukan hanya bersifat merusak tetapi virus trojan ini d ikirim oleh seseorang kepada sang korban untuk mengambil suatu data yang terdapat pada komputer sang korban, dadi virus trojan ini akan menyalin semua data keseluruhan yang dimiliki si korban di dalam komputernya lalu virus trojan ini akan mengirimkan data-data yang tadi sudah disalin kepada si pelaku pembuat virus trojan tersebut. Bila ingin lebih lengkap bisa lihat disini
 Sekarang kita akan masuk ke tanda-tanda atau gejala-gejala apa saja,komputer yang sudah terinfeksi virus
berikut gejala-gejalanya :
  • Komputer anda akan terasa lambat
  • kompunter sering mengalami hang
  • waktu startup windows terasa lama
  • tidak dapat membuka file, pada semestinya
  • tidak menjelakah internet, so padahal koneksi tidak ada yang bermasalah
  • beberapa file hilang secara bersamaan padahal hanya terhidden
  • tidak bisa mengubah atribut file
  • munculnya nama file yang aneh-aneh, padahal kalian tidak pernah membuat file tersebut ataupun memberikan nama tersebut.
  • dan banyak lagi gejala yang ditimbulkan oleh virus
Nah, untuk itu saya akan memberikan Info bagai mana Cara Menghapus Seluruh Virus Pada Komputer kalian,soalnya lebih baik mencegah daripada mengganti kompunter atau meg-Unistal ulang.
cara membersihkan virus dan malware dan sejenisnya. apabila komputer kita sudah terlanjur terinfeksi virus.

1. Siapkan terlebih dahulu Aplikasi alat tempur untuk membasmi virus :
  • Download Kaspersky TDSSKiller Anti Rootkit Utility, Download
  • Download Malwarebytes Anti-Malware, Download
  • Download SUPERAntiSpyware Portable Scanner, Download
  • Download HitmanPro 3 Malware Scanner, Download
  • Download Antivirus seperti Eset, Avast, AVG, Microsoft Security Esential, dll
  • Download Default Windows 7 File Extension Reg. Download
  • Download Norman Malware Cleaner Download
  • Download Auslogics Browser Care, Download
Tool diatas sangat bermanfaat untuk configur web browser dan menonaktifkan plugin yang tidak diperlukan yang sering tanpa diketahui sudah terinstal pada browser kita, bila tidak percaya kalian bisa mencari informasi ke GOOGLE untuk mencaritau pungsi Tool diatas
Simpan Semua File di atas kedalam Flashdisk.

2.   Setelah Semua Tool di atas sudah terkumpul, selanjutnya menjalankan Windows dalam mode safe mode caranya:
       Restart komputer lau tekan F8 sehingga akan muncul wampilan windows Boot Option, kemudian pilih Safe Mode

3.  Lakukan lah pembersihan virus dengan tool-tool yang sudah di download Setelah windows berhasil login, mulai lakukan pembersihan virus dengan pertama tama jalankan terlebih dahulu Kaspersky TDSSKiller Anti Rootkit Utility. Kemudian jalankan Malwarebytes Anti-Malware dan sebaiknya program Malwarebytes tersebut di update terlebih dahulu. Setelah itu baru jalankan SUPERAntiSpyware Portable Scanner dilanjutkan dengan HitmanPro 3 Malware Scanner.

 Setelah sistem komputer dibersihkan dengan Malware Scanner, langkah selanjutnya jalankan program Antivirus seperti Eset, Avast, AVG, Kaspersky atau antivirus lainnya dan pilihlah opsi "full scanning", yang anda perlu diperhatikan pastikan antivirus tersebut sudah terupdate kepersi terbar. seperti gambar dibawah ini, saya menggunakan Eset lalu klik "Scan your Computer"
4. Bersihkan System Restore

Cara membersihkan virus atau supaya tidak terinfeksi virus menggunakan System Restore, maka kita perlu mendelete system restore yang telah dibuat.
  • Klik start Menu >> all program >> Accessories >>System Tolls kemudian klik Disk CleanUp.      Pilih Drive C yang akan dibersihkan
  • Klik pada Tab More Option kemudian pada bagian system restore, Klik Tombol CleanUp.
  • Akan muncul jendela konfirmasi disk CleanUp.
  • Klik Tombol Delete

5. Bersihkan Temporary File

Langkah Selanjutnya bersihkan temporary file, bisa dengan menggunakan aplikasi Temp File Cleaner. Aplikasi ini berfungsi intuk membersihkan semua temporary folders pada semua user accounts (temp, IE temp, java, FF, Opera, Chrome, Safari), termasuk Administrator, All Users, LocalService, NetworkService, dan user account lainnya pada user folder. Temp File Cleaner juga akan membersihkan folder %systemroot%\temp dan %systemdrive% root folder, %systemroot%, dan system32 folder

6. Repair Sistem Operasi Windows 

Untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh virus, seperti misalnya adanya kerusaknya file association, sehingga beberapa document tidak bisa dibuka dengan program defaultnya, maka kita harus merepairnya dengan merepair registry. Untuk mengembalikan setingan file association ke default pada windows  bisa menggunakan tool yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Apabila kerusakan tersebut telah cukup parah, maka melakukan Repair Windows merupakan langkah yang harus kita jalankan.

7. Gunakan Rescue CD

Apabila kerusakan yang telah ditimbulkan oleh virus tersebut mengakibatkan komputer tidak bisa booting sama sekali, maka kita harus menggunakan apa yang disebut sebagai Rescue CD. Informasi mengenai Rescue CD ini dapat dilihat pada postingan  Cara Membersihkan Virus menggunakan Rescue Disk.

  Terimasih, Sekian Info dari saya, mohon maaf bila ada tidak ada kesesuaian ynag telah diperaktekan, untuk info lebih detai bisa lihat Source Cara Menghapus Seluruh Virus Pada Komputer disini
Source : http://www.catatanteknisi.com
Artikel Rekomendasi : 25 Animasi Power Point Terbaik

Share this

0 Comment to "Cara Menghapus Seluruh Virus Pada Komputer"

Posting Komentar

,