5 ide Pokok Sipa Jual dan 5 Tema Website Paling Laku


5 ide Pokok Sipa Jual dan 5 Tema Website Paling LakuJadi kalian ingin membuka Semacam Toko Online,  ataupun Web site pasti kalin akan bingung Toko online apa yang  akan banyak peminantnya, ataupun web site apa yang banyak pengunjungnya.

Disini saya akan memberikan sekedar info 5 ide Pokok Sipa Jual dan 5 Tema Website Paling Laku

Bila kalian ingin membuka semacam toko online sukses seperti toko online blibli, lazada, olx, dan toko online lainnya tapi kalian belum tau apa yang akan kalian perjualkan? , ataupun tema website apa yang akan kalian persembahkan ?

Ataupun kalian kebanyakan ide, pengen ini pengen itu ?

Apapun situasi kalian, bersiaplah menerima resiko gagal. Atau dalam kasus terburuk, kalian bangkrut karena salah memilih produk, lebih baik websitenya tiodak laku dari pada bangrut, tapi jangan sampai

Dan sebaliknya.

Tepat memilih produk berujung pada penjualan yang stabil, bahkan saeiringnya waktu terus meningkat penjualannya. Dan kemudian bisnis online itu yang awalnya hanya pengisi waktu luang kalian menjadi pekerjaan full time.

Faktanya, menemukan produk yang mudah djual secara online tidak sesulit dugaan kalian.
Karena ada satu rahasia kuno yang dapat membantu kalian menemukan ide produk yang laku dijual.

Rahasia yang bisa dibilang belum pernah gagal,

Teruji waktu… Telah digunakan oleh setiap penjual online lainnya sejak era manusia pertama kali mengenal konsep jual beli.

Nah, saya akan memberikan sekedar info 5 ide Pokok Sipa Jual dan 5 Tema Website Paling Laku

saya telah menggunakan rahasia itu untuk menemukan 3 ide produk. Tentu sajak kalian boleh menindaklanjuti 3 ide itu setelah membaca artikel ini ini, gratis.
Tapi, ijinkan saya mengangkat tirai dibalik rahasia tersebut dengan satu pertanyaan :

Mengapa orang membeli ?

Saya tidak perlu mengingatkan kalian siapa Jessica Alba, bukan ?
(dia satu-satunya perempuan dari empat hero dalam film Fantastic 4)

Tapi tahukah Kalian, Jessica Alba juga seorang pengusaha toko online ?
Pada tahun 2011, Jessica Alba meluncurkan toko online miliknya, The Honest Company.
Dan pantastis sukses besar…wow

Hanya dalam 3 tahun setelah peluncuran, The Honest Co berhasil mendulang pendapatan sekitar US$ 150 juta. Dan ditahun 2015 ini mereka siap go public dengan nilai sekitar US$ 1 milyar, berapa banyak uang yang dia dapatkan, sangat menggiurkan.


Kita ambil contoh selebriti / intertaint memulai bisnis onlinenya, dengan keyakinan nama besar mereka bakal mendorong  popularitas tokonya. Tapi kenyataan hasilnya jauh ada yang berhasil ataupun tidak
Berapa banyak orang yang tahu alamat toko online yang dimiliki oleh Ariel Noah, Alice Noorin, Dewi Rezer, Fitri Tropica, atau Peggy Melati Sukma ? kalian sendiri pun baru tau kan bahwa mereka punya toko online setelah membaca artikel ini, yes or no ?
Jadi bagaimana cara Jessica Alba meraih sukses kurang dari 3 tahun ?
Jawabannya sederhana.
Jessica Alba tahu rahasia sukses jualan online seperti yang saya sebutkan diawal posting :

Alba tahu alasan mengapa orang membeli

Dalam semua wawancaranya diberbagai media, Jessica Alba bersama co-founders Brian Lee, kerap mengulang kisah bagaimana mereka memulai The Honest Co.
Menurut mereka, ide  mendirikan The Honest Co bermula dari masalah yang mereka alami sendiri sebagai orang tua. Alba & Lee kesulitan menemukan produk perawatan bayi & anak yang ramah lingkungan (bebas dari bahan kimia).
“Juga sangat repot belanja di swalayan sembari membawa anak-anak kalian.” Tambah Jessica Alba.
Dan keduanya menemukan, hampir semua orang tua juga menghadapi masalah serupa.
Maka The Honest Co pun lahir. Toko online khusus produk perawatan anak ramah lingkungan yang menjual antara lain popok, shampoo, sabun mandi, hingga sampai  lunch box.
kalian lihat polanya ?
1.     Jessica Alba mengidentifikasi masalah, rasa sakit, dari orang-orang yang siap mengeluarkan uang untuk mengatasi masalah tersebut (kebetulan dia termasuk didalamnya).
2.     Dia menciptakan produk/jasa sebagai solusi masalah, lalu
3.     Menawarkannya kepada orang yang menghadapi masalah tersebut
Dan coba tebak, orang-orang membelinya, karena alasan utama orang membeli barang yaitu untuk mengatasi masalah. Mereka ingin menghilangkan kesusahan, mengurangi rasa sakit,atau menghindari resiko yang berlebih.
Coba lihat sekeliling kalian.
Orang membeli asuransi karena khawatir pada nasib keluarga mereka dimasa depan.
Orang membeli pakaian mahal untuk mengatasi rasa rendah diri.
Dan saya pindah ke Smartfren sejak 2013 karena jengkel dengan lemot-nya Telkomsel.

Jadi itulah rahasia memilih produk yang akan dijual

Pasang mata dan telinga kalian Oke, ini kiasan.
Lihat dan dengar, apakah ada orang yang punya masalah ?
Apakah mereka mau mengeluarkan uang untuk mengatasinya ?
Jika kalian menciptakan produk atau jasa yang tepat sebagai solusinya, bisnis kalian akan memasarkan dirinya sendiri.
Why ?
Karena pasarnya sudah ada. Pasar yang lapar. Pasar yang sudah lama menunggu solusi.
Jauh lebih mudah melayani potensi pasar yang telah ada ketimbang menciptakan pasar baru.
Percaya saya, tidak ada yang lebih melukai harga diri ketimbang membuang waktu, tenaga dan uang mencari dan menciptakan produk, hanya untuk mengetahui tidak seorang pun yang membutuhkannya (Saya mengalaminya 4 kali).
Jika kalian menjual produk semata-mata karena kalian suka, hobby, atau karena itu terlihat keren, tanpa meneliti apakah ada orang yang butuh, hampir pasti kalian kecewa. Menyewa Hermawan Kartajaya sekalipun mustahil membantu kalian memasarkan produk yang tidak dibutuhkan orang.
Baik, kalian paham.
Sekarang, mari saya tunjukkan 3 contoh penggunaan rahasia diatas untuk menemukan ide produk yang bisa kalian jual.
Dan seperti janji saya diawal, kalian bebas menggunakan 3 ide produk berikut untuk memulai online toko kalian sendiri.
Atau… mungkin kalian ingin memodifikasi. Terserah.
Saya ingin setelah membaca posting ini, kalian tidak bingung lagi menentukan produk yang ingin dijual secara online.
       Teruskan membaca

5 ide Pokok Sipa Jual

1. Toko pakaian untuk wanita tomboy

Toko online Wildfang yang khusus menjual pakaian gadis tomboy menginspirasi munculnya ide ini.

Sama seperti kasus The Honest Co, Wildfang bermula setelah pemiliknya menemukan masalah.

Julia Parsley dan Emma Mcllroy (founder dan co-founder), mengungkap bagaimana sulitnya gadis tomboy seperti mereka mendapatkan koleksi pakaian yang tepat.
Pada awalnya, kedua gadis ini pertama kali bertemu di sebuah toko pakaian pria. Singkat cerita, keduanya lalu terlibat obrolan mengenai sulitnya menemukan pakaian pria yang muat dan cocok dengan selera mereka.

Keduanya pun mulai mencari tahu, apakah ada gadis lain yang mengeluh seperti mereka. Dalam riset pasar, yang menurut pengakuan mereka memakan waktu 140 jam, Julia & Emma antara lain mendengar dari para gadis tomboy yang ingin meminjam baju pacarnya, atau mencuri jaket militer kakek mereka.

Rupanya mereka tidak sendiri. Ada ceruk pasar gadis tomboy yang belum tergarap.
Maka lahirlah Wildfang.

Apakah kalian pernah berpikir sebaliknya ?

Dinegeri ini banyak lekong-lekong yang gemar mengenakan pakaian pere. Terserah apapun istilah yang kalian pikirkan, gunakan untuk menyebut komunitas tersebut.

.Biro Pusat Statistik (BPS) selalu mengingkari keberadaan komunitas ini. Tapi kalian pasti menemukan pria feminim . Hampir setiap hari kalian bisa melihat mereka sebagai penonton atau figuran yang mendominasi program-program hiburan di TV.
Mereka cukup memesan via online, dan paket dikirim lansung kedepan pintu rumah mereka. Anti rempong. Tak ada lagi tatapan sirsak, lirikan jijay markijay atau bentuk-bentuk bullyingyang kerap mereka dapatkan saat belalang dress atau high heels di department store.

nah, mari kita lihat data Google.


Data Google menunjukkan saya tidak berasumsi. Kompetisi low-medium menandakan ada permintaan pasar yang belum tergarap..
Tunggu apa lagi. Capcus. Ini kesempatan kalian maju menawarkan solusi.
Ada berjetong-jetong pria feminim di Indonesia. Komunitas yang telah lama menunggu hadirnya toko online pakaian khusus buat mereka.

2. Toko Satu Warna

Didunia ini banyak penggemar ping pong, bukan sebagai olah raga prestasi, tapi sebagai hobby belaka.
David Lowe, seorang penggemar ping pong melihat potensi pasar itu. Jadi dia memutuskan masuk, meluncurkan Uberpong, toko online yang menjual bet (ping pong paddles).
Bukan sembarang bet.
Sama seperti Jessica Alba & duo Wildfang, David Lowe juga tahu Rahasia menjual.
Sebagai salah seorang konsumen, David melihat bet yang tersedia di pasar sama sekali tidak menunjukkan keunikan, gaya permainan dan karakter dari masing-masing pencinta ping pong.
Sementara bet bagi penggemar ping pong, bukan sekedar alat pemukul bola. Ingat, mereka bukan atlet. Sama seperti pakaian, bet bagi mereka adalah identitas diri. Tapi belum ada produsen yang menawarkan bet semacam itu.
Maka David Lowe memutuskan membuat sendiri aneka bet bergambar, yang mewakili identitas masing-masing pemiliknya (personalisasi).
Uberpong meraih sukses besar, karena David Lowe tahu manusia butuh aktualisasi dan siap membelanjakan uang untuk memenuhi kebutuhan itu (ingat Teori Hirarki Kebutuhan Manusia Abraham Maslow). Meskipun itu cuma berupa bet ping pong.

Manusia butuh personalisasi karena membuat kita merasa unik, menonjol, dan keren dimata orang lain.

Bahkan jika personalisasi itu diperoleh dari hal-hal sepele seperti warna

Contohnya saya – Ahem.

kalian mustahil memaksa saya membeli t-shirt warna merah meski harganya diskon 50 %. Tapi dengan senang hati saya rela membayar 50 % lebih mahal t-shirt yang sama asalkan itu berwarna abu-abu

(Rasa bangga pernah melandaku saat adik saya bersumpah pernah mendengar seseorang mengatakan ” Oh, andres yang selalu pake abu-abu itu.“)

Berkali-kali saya membeli barang yang tidak pernah saya gunakan hanya karena warnanya abu-abu.

Abu-abu identitas saya. Sekaligus kutukan sebab menemukan barang berwarna abu-abu sama langkanya menemukan orang Bugis-Makassar mengucap kata  ‘Ikan

Dan kalian tahu saya tidak sendiri.
kalian juga tahu, selain warna abu-abu ada warna hitam, putih, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila & ungu, ditambah puluhan sub warna seperti merah marun, hijau tosca, atau biru benhur.

Orang-orang yang fanatik pada satu warna tertentu butuh satu tempat belanja, untuk mengurangi kerepotan mencari.
Pasar yang besar.

nah,mari kita liat Google

Bagaimana dengan hijau tocka ?


Bahkan orang-orang tanpa ragu mengungkapkan fanatisme mereka pada warna tertentu yang mereka sukai di  Twitter :
Contoh 2. Barang yang bisa dijual online
Contoh 4. Barang yang bisa dijual online
Contoh 1. Barang yang bisa dijual online
Contoh 1. Barang yang bisa dijual online
mereka juga menulis di bio profil ?


kalian bisa membayangkan respon orang di ats ketika kamu mention mereka

Disini modal utama kalian cuma mencari grosir, memilah-milah produk terbaru & langka, beli, lalu jual kembali.

Hal terbaik dari ide ini adalah kesempatan meraih pembeli berulang.
Karena setiap penggemar warna tertentu selalu ingin menambah koleksinya – Contohnya pria penggemar warna abu-abu itu , maka setiap pembeli kalian berpotensi menjadi pelanggan seumur hidup.

3. Toko perlengkapan pria berambut panjang

Bagaimana rasanya memiliki janggut panjang ?
“Keren,” kata Eric Bandholz. Dia bahkan blogging khusus soal janggut sejak Februari 2012, dimana dia membangun komunitas sesama pria berjanggut.
Selama blogging, Eric terus-menerus mendengar keluhan para pria berjanggut yang kesulitan menemukan produk perawatan janggut.

Eric melihat ada masalah. Ada ceruk pasar yang minta dilayani..
Maka pada  28 Januari 2013, Eric meluncurkan Bearbrand. Toko online dan merek khusus produk perawatan janggut, serta produk-produk terkait gaya hidup pria urban berjanggut.

Dan sisanya adalah sejarah.

Kurang dari setahun sejak diluncurkan, Bearbrand sukses membukukan penjualan sebesar US$ 120 ribu per-bulan.

itu Hanya dari Janggut, apalagi dari lainnya (jangan berpikir yang tidak-tidak)

Jadi mulai sekarang saya tidak ingin kalian meremehkan ceruk pasar yang kecil.
Misalnya komunitas pria berambut panjang.
“ Tapi Aggia, ilman, angga, rio, agi hani, dan mae, apa masalah pria gondrong, hingga saya bisa menyediakan produk sebagai solusinya ? ”

Mari kita mulai dengan mencari apakah ada pria gondrong yang mengeluh di twitter ?

Contoh 2. Barang yang bisa dijual online
Contoh 1. Barang yang bisa dijual online
Kemudian Explore minta pendapat dari sahabat kita, Google Keyword Planner :

Ternyata ada pasar, kecil tapi persaingan rendah, dan belum tergarap.
Para pria gondrong itu butuh produk perawatan rambut, layaknya perempuan, namun tetap menjaga citra maskulin mereka.
Bayangkan jika kalian juga menawarkan sisir mirip pisau lipat, ikat rambut, jepitan atau bando bermotif tengkorak ?
4. Toko Online Elektronik
Banyak yang Sukses dengan membuka Toko online Elektronik, apalagi orang yang jusan elektronika , tema website ini bisa dipakai.
5. Toko Online Obat-obatan
Mensehatkan orang lain,membatu orang lain itu sangat menyenangkan bagi kita, dengan Tema website ini kalian akan menyajikan berbagai obat-obat herbal yang tidak ada bahan kimianya, sehingga pengunjung akan setia berlangganan ke toko online kalian.
Itu dia 5 ide Pokok Sipa Jual dan 5 Tema Website Paling Laku 
Pada akhirnya hanya maut yang memisahkan ide kalian.

Sampai disini kalian mungkin bertanya, mengapa saya bersusah payah mencari ide, melakukan riset pasar… jika akhirnya menggratiskan ke-3 ide mahal diatas ?

Terus terang, saya tidak tahan lagi dibanjiri email pembaca yang bersemangat ingin membuka toko online, tapi belum tahu barang apa yang mau dijual.
Mulai hari ini kalian tidak perlu kebingungan lagi.
kalian cukup mengikuti  3 langkah berikut :
1.     Identifikasi masalah yang dihadapi banyak orang, tapi pastikan orang-orang itu bersedia mengeluarkan uang untuk mengatasinya

2.     Segera cari pengrajin, pabrik, UKM atau grosir, untuk membuat & memasok produk yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

3.     Jual

Sesederhana, mudah, gampang, uang pun mengalir.

Jadilah berani untuk mewujudkan ide- ide dalam membuat website meski itu artikel ada copasnya ataupun membuat toko online.

kita ambil contoh toko online pemilik toko online favorit Nonik dibawah ini.


Dengan sedikit disclaimer

Saya tidak menjamin kalian sukses dengan 3 ide diatas. Selalu terbuka kemungkinan kalian gagal menggunakannya, sementara yang lain sukses.
Banyak faktor penentu sukses tidaknya toko online selain produk yang bagus. Misalnya harga, jumlah pengunjung web, cara kalian memasarkan produk secara online, dan yang paling penting…. kemampuan toko online kalian mengkonversi pengunjung ke pembeli.

Dan Sekarang kita menuju 5 Tema Website Paling Laku
1. Website yang Memberikan seputar Informasi 
Website ini seperti ini banyak yang menggunakannya, karena kita tidak perlu mengupload file baik itu musik ataupun vidio, melainkan kita hanya mengusulkan baik itu tips dan trik ataupun informasi.
2. Website MUSIK
Website meski cukup banyak penggunaya, tapi tetap banyak pengunjungnya. Orang yang jenuh pasti akn menghibur dirinya dengan mendengarkan musik salah satunya.
dan website Musik ini banyak di gemari para pendatang baru yang ingin terjun ke dunia website.
3.Website FILM
Apa kalian pernah masuk ke website yang menyajikan Film-film terbaru. itu sangant menarikkan, tiada hari tanpa menonton.
tidak salahnya kan klaian meniru Website mereka, dan kalianpun bisa menggunakan link download mereka, asalkan kalian memberikan Source kepada website mereka.
4. Website Game
Pastikalian tidak asing lagi dengan kata Game, baik dari orang Dewasa sampai anak kecilpun suka yang namanya Game
itu adalah peluang kita untuk merauk untuk, tapi jangan tergesa0gesa kalian harus memikirkan matang-matang , jangan teresa-gesa ingin cepat banyak pengunjung.
5. Website Software
Kalian Taukan Software ? (kalau sudah tau ya sudah jangan di jelasin)
jaman sekarang teknologi sangat pesat, tidak hanya itu dari software pun banyak yang berpunculan, itu sebagai peluang usaha kita untuk merauk untung.
Sekian Info dari saya 
Wassalm.

Share this

0 Comment to "5 ide Pokok Sipa Jual dan 5 Tema Website Paling Laku"

Posting Komentar

,