Istilah-istilah Internet Yang Harus Kalian Ketahui


Istilah-istilah Internet Yang Harus Kalian Ketahui -  Mungkin kalian pernah mendengar atau membaca suatu kata yang menurut kalian itu aneh, atau baru mendengar  terutama bahasa Inggris, mungkin diantara kalian ada yang terus membaca ataupun ingin tau arti makna kata tersebut, tapi jangan kawatir saya akan memberikan info tentang istilah-istilah internet bisa dibilang sering di ucapkan ataupun yang sering diucapkan.

        Baca Juga : 15 Aplikasi untuk mempercepat Internet

maka dari itu kita dituntut untuk mengetahui istilah istilah itu dengan seiringnya jaman dan teknologi pasti akan banya istilah istilah yang harus di pahami. 

Berikut Istilah-istilah Internet Yang Harus Kalian Ketahui

Istilah
Arti
CGI/Perl
bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.
Chat
Obrolan  istilah khusus yang digunakan untuk melakukan sebuah interaksi di program chat yang mana merupakan sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer ( internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (yang ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu). 
Chatting
fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang online, Interaksi dapat berupa tulisan atau suara  
Client
sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan atau digunakan oleh seorang user. 
Collission
Benturan data
Connection
sambungan 
Copy
menyalin
Crash
bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak)
Cut
Memotong ,kalau cut itu contohnya kalau menyalin di Data A dan Di simpan di Data B maka yang di Data A akan Hilang.
Cyberspace
dunia maya 
Delete
hapus
Database
pangkalan data, atau basis data 
Dial-Up  
jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon. 
Dial-Up Networking
fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas  jaringan telpon.
DNS (Domain Name Service)
Merupakan layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP Adress)adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet. 
Download
proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet (host atau server) ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client.
Domain name 
nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.,bisa berupa .com , .co.id, .net , dll
E-Coomerce (Electronic Commerce)
bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah penjual dan  pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah Internet dan Electronic Data Interchange (EDI). 
Edit
Mengubah
E-mail
(Elektronic Mail) atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain.
FAQ (Frequently Asked Questions)
kumpulan pertanyaan yang sering diajukan  beserta jawabannya
Finger Protocol
untuk mengetahui informasi seorang user di sebuah komputer
Firewall
Aplikasi pengaman komputer dari aktivitas hacking..
Bulletin board
Papan buletin
Browsing
Menelusuri atau berselancar  secara langsung di internet/dunia maya, biasanya untuk mencari Informasi
Browser
Peramban atau penjelajah adalah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser adalah Sofware yang digunakan untuk surfing(menjelajah internet) atau sebuah program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan fasilitas lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla. 
Broadband
pita lebar atau jalur lebar 
Banner
media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.
Bandwidth
Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. 
Attachment
lampiran 
ASP (Active Server Pages)
adalah spesifikasi untuk membuat halaman Web dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server Web membuat halaman dengan kode HTML dan mengirimkannya kepada browser. 
Anonymous FTP
Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki Login tertentu. 
ADSL  ( Asymetric Digital Subscriber Line)
Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. 
Flame
Amukan seseorang terhadap orang lain melalui Internet. Flame biasanya dilontarkan terhadap orang yang melanggar kesopanan
Forward (e-mail)
terusan.
Freenet
Suatu sistem on-line yang gratis
Freeware
Software yang disediakan bebas untuk dapat didownload dan digunakan secara gratis oleh para pengguna internet
FTP (File Transfer Protocol)
adalah protokol Internet yang digunakan untuk menyalin file antarkomputer
Googling
Melakukan Pencarian dengan mesin Pencari Google.
Hacker
adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator
Home Page
Tampilan awal dari suatu website yang memuat informasi atau gambaran singkat tentang apa isi dari website tersebut
Internet
dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif .
Internet
 (kependekan dari interconnection-networking ) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung   menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara  global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking .
Interferensi
 gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless) 
Install
pasang.
Interface
antarmuka
Hyperlink
 Hubungan tersembunyi antar dokumen HTML pada sebuah WEB server,  biasa ditampilkan dengan format bergaris bawah.
Hypertext
serangkaian kata pada dokumen HTML yang mempunyai hubungan (link) dengan dokumen HTML lain. 
Http://
http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http 
HTML
Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage dan merupakan standar forma untuk dokumen Hypertext
Login / log in / log on / logon
on = masuk, log on = otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail) sama dengan sign-in
Keyword
kata kunci  
Load
memuat  
Link
taut, kait, pautan, pranala  
Lag
lambat
ISP
Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan  jasa pelayanan penyedia jaringan internet .
Intranet
sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada .
Internet TV
sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet .
Internet Explorer
Internet Explorer = program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp
Internet Service Provider
penyelenggara jasa internet
Network
jaringan
Online atau on line
 terhubung, tersambung, daring (dalam jaringan)
Off line
tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)
Newsgroup
kelompok warta, kelompok diskusi
Netscape Navigator
program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkanhalaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh NetscapeCorp.6
Modem
adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer atau notebookagar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya
Malware (Malicious Software)
Program yang biasanya digunakanuntuk mencari kelemahan suatu software dan biasanya merusak software dalamkomputer anda
Mailing List
Fasilitas E-mail Internet ,dimana pemakai dafat mendaftarkan diri kesuatu daftar pengiriman E-mail untuk suatu topik tertentu, sehingga pemakai akansecara otomatis mendapatkan kiriman E-mail setiap anggota Mailing List Manager
Lycos
search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari.http://www.fathonan.blogspot.com
Logoff /logout / log out / log off
berjalan, log = keluar, log of = tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail) sama dengan sign out.
Script
adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java,VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalamsebuah webpage.
Save
simpan
Scan
pindai
Preview
pratonton, pratilik, pratayang
Protokol
Sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua buah komputer atau lebihsaling berkomunikasi
Plugin =
adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowserdimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, programinteraksi, 3D object, tertentu dengan baik.
Phising
Tindakan kejahatan di internet yang memperdaya korbannya denganmembuat suatu situs mirip dengan aslinya untuk mendapatkan data pribadi korban.
Paste
tempel atau rekatkan
Passphrase =
frase sandi, kalimat sandi
Password
kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasukinternet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail)

Itulah Istilah-istilah Internet Yang Harus Kalian Ketahui
Semoga Bermanfaat






Share this

0 Comment to "Istilah-istilah Internet Yang Harus Kalian Ketahui"

Posting Komentar

,